Virus

A. Pengertian Virus

Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Biasanya virus mengandung sejumlah kecil Asam Nukleat  (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas Protein, Lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya.

Istilah virus biasanya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota  (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal), sementara istilah bakteriofage atau fage  digunakan untuk jenis yang menyerang jenis-jenis sel prokatiota (bakteri dan organisme lain yang tidak berinti sel).

B. Virus Disekitar Kita

  1. Virus Influenza. Hampir semua orang pernah terkena flu. Gejalanya antara lain kepala yang terasa berat, hidung berlendir, tenggorokan gatal, bersin-bersin dan masih banyak lagi lainnya. Penyebab penyakit ini adalah virus bernama influenza.
  2. Virus Flu Burung. Nama lainnya adalah H5N1 atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama avian influenza. Virus ini memang menunjukan gejala yang hampir sama dengan virus influenza, hanya saja pada flu burung ini, penderita mengalami kecenderungan gejala yang lebih parah dan sering menjurus pada kematian.
  3. Virus SARS. Virus ini menyebabkan penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome yakni suatu penyakit pernafasan yang akut. Penyakit ini bisa mengakibatkan infeksi parah pada saluran pernapasan dan tak jarang berujung pada kematian. Penyakit ini terkait erat dengan infeksi virus SARS yang menyerang organ paru-paru dan mengakibatkan sel darah putih berkurang drastis.
  4. Virus herpes simpleks. Mikro-organisme yang satu ini mengakibatkan penyakit herpes yang cukup mengganggu. Penyakit ini menyerang kulit dengan gejala antara lain kulit radang dan memerah, terasa perih, gatal dan panas. Puncaknya kulit akan melepuh. Apabila dibiarkan, infeksi virus ini bisa saja sampai pada sistem saraf kita dan mengakibatkan gejala yang lebih serius lagi.
  5. Papilomavirus. Virus yang satu ini merupakan salah satu penyebab munculnya kanker mulut rahim pada wanita. Cara kerjanya dengan memunculkan kutil atau papiloma pada mulut rahim.
  6. Virus Varicella zoster. Jenis virus yang satu ini bisa menyebabkan penyakit yang kita kenal dengan nama cacar. Gejalanya antara lain suhu tubuh yang meninggi dan puncaknya muncul bintik-bintik yang berair dan terlihat melepuh.
  7. Virus HIV. Penyakit yang diakibatkan oleh virus ganas yang satu ini adalah AIDS. Sampai saat ini, belum ditemukan penangkal yang bisa mengembalikan penderita AIDS ke keadaan normal sebelum terinfeksi virus HIV. Umumnya, penyebaran virus ini melalui jarum suntuk dan hubungan seksual.
  8. Penyakit virus ebola (EVD) atau demam berdarah Ebola (EHF) adalah penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus Ebola. Gejalanya biasanya dimulai dua hari hingga tiga minggu setelah terjangkit virus, dengan adanya demam, sakit tenggorokan,nyeri otot, dan sakit kepala. Biasanya diikuti dengan mual, muntah, dan diare, serta menurunnya fungsi liver dan ginjal . Pada saat itu, beberapa orang mulai mengalami masalah pendarahan.

C. Sejarah Penemu Virus

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s