sel

Setiap makhluk hidup, tubuhnya dibangun oleh sel. makhluk hidup yang tubuhnya terdiri atas satu sel saja (uniseluler), seluruh kehidupanya dilaksanakan oleh sel itu sendiri. Pada makhluk hidup yang tubuhnya tersusun dari atas banyak sel (multiseluler). bentuk dan susunan selnya sangat beragam. seluruh aktivitas hidup diawali dari sel, mulai dari proses pembentukan energi bagi kehidupan, pembentukan berbagai materi pembangun tubuh sampai aktivitas pengaturan seluruh kegiatan tubuh suatu makhluk hidup.

sel pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan inggris bernama ROBERT HOOKE dengan mikroskop sederhana buatanya sendiri pada tahun 1665. Sel yang ditemukannya berasal dari sayatan gabus Querqus suber berupa sel mati dengan rongga sel yang  kosong. Berawal dari hasil penemuan sel oleh Robert Hooke, para ahli biologi lain terdorong melakukan penelitian terhadap sayatan-sayatan tubuh makhluk hidup untuk mengungkap lebh jauh tentang segala sesuatu yang terkandung di dalam sel tubuh makhluk hidup.

berdasarkan teori yang menyatakan bahwa sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan terlihat bahwa aktivitas yang berlangsung di dalam tubuh suatu makhluk hidup tercermin dari aktivitas yang berlangsung didalam sel tubuh makhluk hidup, sperti ttransportasi, respirasi, dan sintesis.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s