Struktur Jaringan Pada Tumbuhan

1. Jaringan Epidermis

adalah jaringan pelindung bagi tumbuhan, biasanya letaknya paling luar pada organ-organ tumbuhan (akar, batang maupun daun). sel-selnya tersusun sangat rapat dan kuat. Jaringan ini mempunyai Struktur dan fungsi yang berbeda-beda pada setiap organ tumbuhan. Seperti pada akar jaringan ini selain sebagai pelindung juga bisa mengalami modifikasi menjadi bulu-bulu akar yang berfungsi sebagai alat untuk menyerap aid dan garam-garam mineral. pada permukaan daun jaringan ini ada yang mengalami modifikasi menjadi serat (kapas), rambut kelenjar, trikhoma dan mulut-mulut daun (stomata).

Mulut daun (stomata) berfungsi sebagai tempat pertukaran gas pada saat respirasi dan fotosintesa. pada batang yang sudah tua jaringan ini berubah menjadi lapisan gabus. lapisan gabus yang sel-selnya renggang disebut lentisel yang berguna juga sebagai tempat pertukaran gas. pada sebagian tumbuhan jaringan epidermis dilapisi semaxcam lemak yang disebut kutin. lapisan ini disebut lapisan kutikula yang kedap air pelindung dari penguapan.

2. Jaringan Parenkim dan Kolenkim

Parenkim  adalah jaringan dasar yang berfungsi untuk memperkuat kedudukan jaringan-jaringan lain. Parenkim terdapat pada akar, batang daun dan, buah. Selain sebagai jaringan dasar jaringan Parenkim juga sebagi jaringan maristematik (dapat memperbanyak diri). contoh pada penyembuhan luka, regenerasi, pembentukan akar samping, dan tunas. parenkim dapat pula sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan, sel-sel sekresi yang menghasilkan getah dan damar.

kolenkim terdapat pada dasar epidermis batang, berperan sebagai penguat pada batang muda yang sedang tumbuh dan tangkai daun. kolenkim merupakan sel-sel hidup dengan protolasma yang aktif.

3. Jaringan Sklerenkim

4. Jaringan Meristem

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s